Friday 8 February 2013

Ubuntu 12.04 LTS Desktop

Ubuntu Linux kembali merilis versi terbarunya, yaitu Ubuntu 12.04 LTS Desktop (Precise Pangolin). Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. ini diluncurkan pada 26 April 2012. Ubuntu bisa langsung dijalankan dari keping CD atau diinstall terlebih dahulu ke harddisk seperti pada sistem operasi lainnya.


Bagi para pecinta dan penggiat open source, kehadiran Ubuntu terbaru selalu ditunggu. Sistem operasi yang bersifat gratis dan open source ini selalu diperbarui secara periodik, sekitar 6 bulan sekali. Sebagai salah satu turunan dari distribusi Linux Debian, Ubuntu dikenal cukup stabil.


Meskipun versi terbaru sistem operasi ini selalu hadir dalam dua paket, yaitu untuk komputer desktop dan server, namun Ubuntu versi desktop atau untuk pemakaian komputer personal lah yang lebih populer dan banyak digunakan.

Ubuntu 12.04
Ubuntu 12.04

Fitur terbaru yang ditawarkan di rilis Ubuntu 12.04 ini antara lain Head-Up Display (HUD), Video Lens, dan Ubuntu Software Centre. Head-Up Display (HUD) memberikan alternatif cara pengoperasian komputer. Tanpa banyak perlu melakukan klik di menu, Anda cukup menekan tombol Alt dan melakukan perintah secara cepat melalui daftar fungsi yang tersedia. Video Lens akan memudahkan Anda dalam mencari koleksi video, baik dari dalam komputer maupun dari internet. Melalui Ubuntu Software Centre, Anda dapat melengkapi komputer dengan beragam aplikasi tambahan sesuai kebutuhan.

Bagi para pengguna komputer yang sudah terbiasa bekerja dengan aplikasi-aplikasi Windows, Linux juga menyediakan fitur Wine yang memungkinkan aplikasi Windows dijalankan langsung dari Linux. Berbeda dengan Windows yang rentan terhadap virus dan program jahat lainnya, Ubuntu Linux relatif aman. Satu-satunya kalangan yang mungkin tidak bisa terpuaskan adalah para penggemar game, karena di Ubuntu mereka akan kesulitan memainkan game yang biasa mereka nikmati di Windows.
Link Download di sini

0 comments:

Post a Comment